Subscribe:

Saturday, January 28, 2012

It's Clodi Time!!!


Sewaktu hamil anak ketiga awal tahun 2011 kemaren, hal yang paling saya suka adalah browsing segala keperluan baby di internet. Kemaruk banget gitu. Dan hal yang paling membuat saya tertarik adalah masalah popok kain alias clothe diapers.
Kenapa? Karena ini bener-bener barang baru (bagi saya) dan saya anggap temuan spektakuler abad ini untuk merubah maindset ibu-ibu terhadap kenyamanan bayi, gaya hidup ekonomis dan cinta lingkungan.

Di jaman anak saya yang pertama dan kedua, yaitu tahun 1999 dan tahun 2004, hal-hal seperti itu belum saya temui.
Alasannya :
1. Internet belum kenal, kalopun kenal baru sebatas buat kirim email. Maklum, tinggal di kota kecil.
2. Online shop ga ngetop. Jaman itu kan multiply belum kenal, facebook juga belum kenal. Ngeblog juga ga ngerti gimana cara dan mulainya. Serta kalo mau nongkrong di internet musti ke warnet ato pake telkomnet instant yang tarifnya ngerampok sementara jalannya kayak kura-kura bunting deh.

Makanya anak ketiga yang lahir di jaman facebook dan multiply ini berasa istimewa karena dia sudah pake clodi.
Lho kok? Apa hubungannya?
Tentu berhubungan karena saya baru kenal clodi setelah punya anak ketiga. Dulu sih pakenya pospak yang terus terang nguras kantong. Istilahnya kebutuhan utama bayi itu segini rupiah sebulan buat susu ama pospak. Gitu deh...hehehehe...
Kalo ibu-ibu sekarang dengan level pendidikan menengah ke atas ternyata lebih cerdas karena mereka sudah pake clodi (ini hasil kesimpulan saya setelah melihat begitu banyak kasus lho...).
Alasan pake clodi rata-rata karena :
1. Hemat
   Meski modal awal relatif gede, tapi dari hasil akumulasi kebutuhan berbulan-bulan tetep lebih hemat.
2. Nyaman
   Yah, kita berempati aja pada diri sendiri dalam memakaikan produk popok pada bayi dengan logika pake pembalut buat kita. Kalo pembalutnya nyaman kita suka kalo ga nyaman, bikin penyakit! Betul gak? Masalahnya yang bagus itu mahal kalo yang murah pasti ga gitu bagus, itu sudah hukum alam. Nah, kalo baby pake pospak yang bagus biayanya selangit kalo pake yang murah babynya rewel mulu karena gatel. Pake popok kain yang sebentar-bentar bocor membasahi semua yang ada di sekitar rumah dan bikin kita ragu kalo mau sholat, ini najis ga ya ... Belum lagi pembantu yang suka cemberut dan minta naik gaji gara-gara cucian naik segunung. Dan clodi jelas-jelas lebih nyaman dari pada pospak yang kalo dipake suka bunyi kresek-kresek dan bikin biang keringat yang mengakibatkan ruam dan gatel. Lebih ekonomis, dengan pemakaian jangka panjang karena bisa dicuci, dan karena waterproof turut berperan penting dalam mengurangi jumlah tumpukan pakaian kotor dan penghematan sabun detergent.
3. Ramah lingkungan
   Yups, dengan memakai clodi, kita ga bikin limbah pospak yang menggunung yang ga bisa dibikin pupuk tapi malah cuman nambahin pencemeran aja. Juga mengurangi pemakaian detergent yang merusak ekosistem air.

Pokoknya kita pake clodi dengan niat baik aja, bismillah, insyaallah nilainya ibadah. Amin.

No comments:

Post a Comment